Tuesday , July 16 2024
Beranda / Ekonomi / Harga Kebutuhan Pangan Di Tebingtinggi Naik
deras.co.id
Penjual sayur mayur di Pasar Gambir Tebingtinggi sedang melayani pembeli, Rabu (12/6/2024).

Harga Kebutuhan Pangan Di Tebingtinggi Naik

DERAS.CO.ID – Tebingtinggi – Menjelang hari raya Idul Adha, sejumlah harga kebutuhan pangan di Pasar Tradisional Tebingtinggi mengalami kenaikan yang membuat menurutnya transaksi jual beli.

Pantauan di Pasar Gambir Jalan Iskandar Muda, cabai merah mengalami kenaikan dari harga Rp 54 ribu menjadi Rp 60 perkilo, cabai rawit dari Rp 30 ribu menjadi Rp 38 ribu perkilo, cabai hijau dari 24 ribu menjadi Rp 36 ribu perkilo.

Selain itu, bawang putih dari 38 ribu menjadi Rp 40 ribu perkilo, bawang merah dari 38 ribu menjadi Rp 44 ribu perkilo, tomat dari 11 ribu menjadi Rp 12 ribu perkilo.

Untuk sayur mayur seperti kacang panjang dari Rp 12 ribu menjadi Rp 18 ribu perkilo, wartel dari Rp 8 ribu menjadi Rp 12 ribu perkilo.

Salah seorang pedagang Br Hutagaol kepada Jurnalis SIB News Network (SNN) membenarkan terjadinya kenaikan harga kebutuhan pangan menjelang hari raya Idul Adha yang mengakibatkan omzet menurun.

“Kenaikan harga sudah sepekan, pembeli sepi. Sayur mayur juga ikut mengalami kenaikan hampir Rp 4 ribu perkilo,” katanya.

Kenaikan harga kebutuhan pangan, dikatakannya dipengaruhi oleh cuaca yang ekstrem sehingga mengakibatkan hasil panen banyak yang berkurang.

“Pasokan kurang dari daerah hulu (penghasil). Kiranya kenaikan ini menjadi perhatian Pemko,” harapnya.

Sementara itu, salah satu ibu rumah tangga E Br Munthe mengakui dirinya harus mengurangi jumlah pembelian bahan pangan karena ada kenaikan.

“Bahan pangan dibeli sekedar saja. Kenaikan harga ini juga mengurangi cita rasa dari makanan yang disajikan,” ujarnya. Dia juga berharap harga bahan pangan dapat segera turun dan kembali stabil.

Sumber: hariansib.com

Baca Juga

deras.co.id

SDN 106174 Salabulan, Sibolangit Hanya Punya 26 Siswa, 1 Murid di Kelas VI

DERAS.CO.ID – SIBOLANGIT | UPT SPF (Satuan Pendidikan Formal) SD Negeri 106174 Salabulan, Kecamatan Sibolangit, …