Tuesday , July 16 2024
Beranda / Edukasi / Momen Haru di Acara Pelepasan SD YPSA: Sekuntum Bunga Untuk Guru
deras.co.id

Momen Haru di Acara Pelepasan SD YPSA: Sekuntum Bunga Untuk Guru

DERAS.CO.ID – Penampilan luar biasa siswa-siswi SD Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah (YPSA) saat Pelepasan Siswa-siswi SD kelas VI Angkatan ke-21 bertemakan “Growing Together: Fostering Leadership through Excellence and Diversity” yang digelar di Sadafa Room Raz Plaza Medan, Kamis (13/06/2024).

Kepala SD YPSA Eko Akbar Sukmana dalam sambutannya mengatakan, “Hari ini adalah momen yang penuh makna dan emosional bagi kita semua, khususnya bagi para siswa-siswi kelas 6 yang akan melanjutkan perjalanan pendidikan mereka ke jenjang berikutnya. Saya merasa bangga dan bersyukur atas segala pencapaian yang telah diraih oleh para siswa-siswi kita, baik di bidang akademik maupun non-akademik”.

“Kami sangat bersyukur bisa bertemu dengan anak-anak hebat ini. Jika anak-anaknya hebat saya sangat yakin orangtuanya juga hebat. Sebagai bukti bahwa mereka ini adalah anak-anak hebat yang berbakat. Di awal tahun pelajaran lalu hingga di penghujung tahun pelajaran ini mereka masih terus mengukir prestasi-prestasi hebat”.

“Ki Hajar Dewantara berpesan kepada kita bahwa Pendidikan adalah menuntun segala kekuatan kodrat anak, agar mereka dapat mencapai kebahagiaan dan keselamatan setinggi-tingginya baik sebagai manusia ataupun sebagai anggota masyarakat”, kata Eko Akbar kembali.

Ketua Harian YPSA Addaratul Hasanah memberikan ucapan selamat serta melepas dengan resmi siswa-siswi SD Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah (YPSA) kelas VI Angkatan ke-21 TP 2022-2023.

Dalam sambutannya beliau mengatakan, “Selama ini, SD Shafiyyatul Amaliyyah telah fokus dalam mengembangkan keterampilan siswa di berbagai bidang. Kami tidak hanya berfokus pada prestasi akademik, tetapi juga mendukung penuh bakat dan minat siswa di bidang non-akademik. Hasil dari kerja keras ini bisa kita saksikan melalui berbagai prestasi gemilang yang telah diraih oleh para siswa”.

“Selain itu, SD Shafiyyatul Amaliyyah juga berkomitmen pada pendidikan inklusi. Saat ini, kita telah menangani 26 anak berkebutuhan khusus dengan berbagai diagnosa. Alhamdulillah, tahun ini, insya Allah, akan ada 3 siswa yang berhasil lepas dari pendampingan. Ini adalah bukti bahwa dengan dukungan dan perhatian yang tepat, setiap anak memiliki kesempatan untuk berkembang dan mencapai potensinya” ujarnya.

Pada kesempatan ini, Pengawas Manajerial SD Kecamatan Medan Sunggal Bapak Sri Panda, M.Pd., yang turut hadir mengucapkan selamat kepada para siswa siswi SD yang telah tamat dan sekolah selama 6 tahun di YPSA.

“Selamat melanjutkan ke jenjang SMP. Semoga sukses dalam melanjutkan pendidikannya. Selamat bertemu dengan kawan-kawan yang baru, baik yang melanjutkan di YPSA maupun ke sekolah yang lain,” ucap Bapak Sri Panda.

“Sebelumnya saya sangat mengapresiasi SD YPSA yang selalu tepat waktu dalam membuat laporan ke Dinas Pendidikan melalui Pengawas Manajerial SD Kecamatan Medan Sunggal. Ini membuktikan bahwa SD YPSA salah satu sekolah dasar terbaik di kota Medan”, katanya kembali.

Sedangkan yang mewakili Wali Siswa Kelas 6, Orang Tua Putri Adinda Tambunan, mengaku sangat senang anaknya bersekolah di YPSA.

“Ada 3 putra-putri kami bersekolah di YPSA ini. Walaupun domisili kami di Pakam, dan saya harus pulang pergi setiap hari, tidak menyurutkan hati kami untuk tetap menyekolahkannya di YPSA ini. Jujur kami sebagai orang tua anak merasa senang, anak kami pernah mengecap pendidikan di YPSA. Sekarang anak-anak kami tidak diperintah lagi untuk melaksanakan salat 5 waktu. Mereka sudah melaksanakan dengan sendirinya dengan penuh rasa tanggung jawab, olehnya saya sebagai orangtua sangat bangga dan mengucapkan terima kasih untuk didikan yang diberikan oleh para pengajar di YPSA ini,” ucapnya.

Diawal pembukaan diawali dengan penampilan dari tim Tari SD YPSA, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars YPSA dan Hymne YPSA. Dilanjutkan dengan penampilan pembacaan puisi ‘Kala Perpisahan Tiba’ karya Etty Raz oleh siswa SD YPSA, Syarhil Quran Performance, Story Telling dan ditutup dengan penampilan tari dan drama dari siswa SD yang diakhir penampilan memberikan sekuntum bunga kepada guru-guru.

Ketua Panitia Irsyad Nuro Rohman, S.Pd., mengatakan, “Tema kali ini adalah “Growing Together: Fostering Leadership through Excellence and Diversity”. Tema ini mencerminkan komitmen kita untuk membantu setiap siswa tumbuh menjadi pemimpin yang menghargai keunggulan dan merangkul keberagaman. Tujuan kami adalah untuk merayakan kualitas unik setiap siswa dan mendorong mereka untuk menggunakan kekuatan mereka untuk memimpin dan menginspirasi orang lain. Kami berharap acara hari ini akan menyoroti pentingnya bekerja sama, merayakan perbedaan, dan berjuang untuk mencapai keunggulan dalam segala hal yang kita lakukan”.

Tampak hadir dalam kegiatan pelepasan ini antara lain, Pembina YPSA Buya Drs. H. Sofyan raz, Ak., M.M., Ketua harian YPSA Addaratul Hasanah, S.Sos, S.Pd, M.Sos, Kepala Departemen, Pengurus YPSA, para guru SD YPSA, serta wali siswa atau pun perwakilan.

Kepala Departemen Pendidikan dan IT YPSA Bagoes Maulana, M.Kom., mengatakan bahwa YPSA sebagai salah satu sekolah Islam Internasional di Medan berkomitmen bahwa melaksanakan seremoni Pelepasan ini menjadi salah satu kegiatan tahunan untuk tetap memperkuat silaturahmi sekolah dan orang tua.

“Ini juga sebagai wujud ikhtiar kami menjadikan SD YPSA sebagai sekolah terbaik di kota Medan, Sumatra Utara yang menjadi pilihan tepat bagi siswa dan orang tua siswa”, tegas Bagoes.

Baca Juga

deras.co.id

SDN 106174 Salabulan, Sibolangit Hanya Punya 26 Siswa, 1 Murid di Kelas VI

DERAS.CO.ID – SIBOLANGIT | UPT SPF (Satuan Pendidikan Formal) SD Negeri 106174 Salabulan, Kecamatan Sibolangit, …