Tuesday , July 16 2024
Beranda / Ekonomi / BI Rate Diputuskan Tetap, Rupiah Melemah Tembus 16.400
deras.co.id

BI Rate Diputuskan Tetap, Rupiah Melemah Tembus 16.400

DERAS.CO.ID – Medan – Kinerja IHSG ditutup menguat ditengah pelemahan mata uang Rupiah. Kinerja mayoritas bursa di Asia yang berada di zona merah, justru tidak menjadi penghalang bagi penguatan bursa saham di tanah air.

“IHSG pada perdagangan hari ini, Kamis (20/6/2024) ditutup naik 1.37% di level 6.819,32. IHSG selama sesi perdagangan berada di zona hijau, walau demikian, asing justru membukukan transaksi jual bersih 339 miliar,” ungkap Pengamat Ekonomi dan Keuangan Gunawan Benyamin.

Disisi lain, sebutnya, mata uang Rupiah justru mengalami tekanan yang signifikan diatas 16.400 per dolar AS. Rupiah mengalami pelemahan seiring dengan kebijakan Bank Indonesia yang mempertahankan besaran bunga acuannya di level 6.25% dalam RDG (rapat dewan gubernur) hari ini.

Kebijakan moneter BI tersebut masih sesuai dengan ekspektasi sebelumnya, BI tetap mempertahankan besaran bunga acuannya sekalipun Rupiah mengalami tekanan di bulan Juni ini.

Dan pada perdagangan hari ini, mata uang Rupiah ditutup melemah di level 16.425 per dolar AS.

Pelemahan Rupiah pada perdagangan hari ini juga terpantau lebih buruk dibandingkan sejumlah mata uang asia lainnya.

Sementara itu, kinerja harga emas ditransaksikan menguat di level 2.340 per dolar AS. Dengan kenaikan harga emas ditambah dengan pelemahan mata uang Rupiah.

Harga emas lokal dalam mata uang Rupiah juga mengalami kenaikan. Harga emas saat kini ditransaksikan naik menjadi Rp1,24 juta per gram nya.

Sumber: hariansib.com

Baca Juga

deras.co.id

SDN 106174 Salabulan, Sibolangit Hanya Punya 26 Siswa, 1 Murid di Kelas VI

DERAS.CO.ID – SIBOLANGIT | UPT SPF (Satuan Pendidikan Formal) SD Negeri 106174 Salabulan, Kecamatan Sibolangit, …