Thursday , August 22 2019
Beranda / Berita / Mantan Ketua KPK: Pemilu Kali Ini Terburuk Pasca Reformasi
deras.co.id
Mantan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto

Mantan Ketua KPK: Pemilu Kali Ini Terburuk Pasca Reformasi

Mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Bambang Widjojanto, menyebut pemilihan umum 2019 terburuk setelah reformasi.

“Pemilu kali ini disebut sebagai pemilu terburuk pasca reformasi,” ujar Bambang pada diskusi Gerakan Nasional Selamatkan Demokrasi di kawasan SCBD Jakarta, Minggu, 21 April 2019.

Ia menyebut ada beberapa hal yang mengkhawatirkan terkait Pemilu 2019 ini. “Jangan sampai yang memenangkan pemilu dan mendapatkan suara terbanyak, tapi yang menjadi presiden orang lain juga,” katanya.

“Kalau itu terjadi sebenarnya kita sedang mendorong negara ini sampai di bibir jurang karena ini berbahaya sekali,” ujarnya.

Menurutnya, kualitas pemilu yang sangat penting ialah kejujuran bukan oleh kerahasiaan. Prinsip pemilu adalah langsung, umum, bebas dan rahasia atau Luber. Namun, sebagian pemilih tidak bebas.

“Tadi di video yang ditampilkan ini dan sudah banyak di video itu ada orang yang dibawa ke tempat pemungutan suara itu suaranya dicoblos dan itu ada videonya dan sudah berkembang berarti bukan hoaks,” ujarnya.

Kalau itu yang terjadi, katanya, prinsip-prinsip dasar Luber tidak terpenuhi, apalagi jujur dan adil. Kalau prinsip-prinsip itu tidak dipenuhi semua, maka Pemilu 2019 sia-sia. 

“Sebenarnya menurut kami kecurangan-kecurangan yang pakai bahasa lainnya Pak Said Didu istilahnya TSM, terstruktur sistematik dan masif, sebenarnya didasari prinsip-prinsip dasar dari Luber dan Jurdil itu tidak terpenuhi,” katanya.

Sumber: viva.co.id

Baca Juga

deras.co.id

Para Pelajar Asal Jepang Disambut Tarian Tradisional Batak Toba Saat Berkunjung Ke Sekolah Ini

SMA Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah (YPSA) menyambut kedatangan sepuluh pelajar Ichikawa Jepang program Sister City …