Thursday , December 9 2021
Beranda / Featured / Mahasiswa Unimed Memanfaatkan Akar Hanjeli Sebagai Suplemen Kecerdasan

Mahasiswa Unimed Memanfaatkan Akar Hanjeli Sebagai Suplemen Kecerdasan

DERAS.CO.ID – Tim PKM-K Universitas Negeri Medan (Unimed) memanfaatkan akar hanjeli untuk membuat produk suplemen kecerdasan dalam permen dari ekstrak akar hanjeli atau Super jali.

Tim kewirausahaan terdiri dari Janwardi Reywanda Tarigan, Fahri Maulana dan Farhana yang merupakan mahasiswa jurusan Biologi dan Ramadanu, mahasiswa jurusan Ilmu Ekonomi serta Angga Karisto Bangun yang merupakan mahasiswa jurusan Pendidikan Teknik Elektro.

“Hanjeli (Coix lacryma-jobi L.) adalah tanaman serelia yang jarang dimanfaatkan padahal memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Hanjeli sudah terbukti memiliki potensi sebagai salah satu tanaman yang memiliki kandungan bioaktif sebagai antioksidan nutrisi jaringan otak yang dapat mencegah kepikunan atau alzheimer dan meningkatkan daya ingat atau kecerdasan”, ujar Janwardi Reywanda Tarigan, Jumat (27/08/2021).

Fahri juga menuturkan hanjeli termasuk tanaman yang berlimpah di kawasan sumut. Namun pemanfaatan dan pengolahan hanjeli sebagai bahan pangan dikawasan sumut masih minim dilakukan. Padahal hanjeli memiliki kandungan gizi dan memiliki senyawa bioaktif untuk mencegah kepikunan atau alzheimer dan meningkatkan daya ingat atau kecerdasan.

Super jali merupakan hasil inovasi produk dari penelitian yang dilakukan dua tahun lalu oleh Tim PKM-P Mahasiswa Biologi Unimed dengan penelitian dasar berbasis teknologi maju RI 4.0 yaitu menggunakan pendekatan molekuler yang dipromotori oleh dosen muda biologi energik Dr. Diky Setya Diningrat yang telah melakukan penelitian tersebut.“Dengan adanya riset tersebut diharapkan dapat memberikan kontribusi berupa pemanfaatan tanaman hanjeli sebagai nutrisi jaringan otak yang menunjang peningkatan tingkat kecerdasan peserta didik yang mengkonsumsinya”, pungkasnya.

Sekarang ini, dosen muda ini sedang mempromotori hasil inovasi produk yang sedang dilakukan oleh Tim PKM-K Mahasiswa Biologi Unimed dengan Janwardi Reywanda Tarigan sebagai ketua tim.

Ia menjelaskan, dengan adanya produk Super jali ini yang merupakan hasil inovasi produk dari riset tersebut diharapkan dapat memberikan kontribusi berupa sebagai nutrisi jaringan otak yang menunjang peningkatan tingkat kecerdasan peserta didik yang mengkonsumsinya.

“Produk Super jali diproduksi dengan bahan baku utama yakni ekstrak akar hanjeli dan didesain dalam dua bentuk yakni permen keras (hard candy) dan permen lunak (gummy candy). Pada permen keras memiliki bentuk bulat dan dengan warna dan rasa yang bervariasi dikhususkan pada orang dewasa dan remaja sedangkan pada permen lunak memiliki bentuk boneka beruang dan warna dan rasa bervariasi untuk anak-anak”, tutur Farhana, Jumat (27/08/2021).

Produk hasil PKM-Kewirausahaan Super jali dengan harga Rp. 13.000 perbungkus telah siap dipasarkan. Produk super jali sudah melalui tahap uji testimoni dan mendapatkan respon positif dari anak-anak hingga orang dewasa. Angga menuturkan, desain produk dan kemasan yang menarik mendukung produk Super jali mendapatkan respon positif terutama dari anak-anak yang lebih menyukai permen lunak daripada permen keras karena bentuknya yang unik dan warna serta rasanya bervariasi.

“Adanya produk ini diharapkan dapat menjadi solusi yang alami dan ekonomis serta ampuh menunjang peningkatan tingkat kecerdasan anak-anak dan remaja yang mengkonsumsinya serta mencegah kepikunan atau alzheimer bagi orang tua”, ujar sang dosen muda biologi energik Dr. Diky Setya Diningrat, Jumat (27/08/2021).

*

Baca Juga

Malu, Dosen UNSRI Tutup Muka dengan Jaket Usai Ditetapkan Sebagai Tersangka Pelecehan Seksual dan Langsung Ditahan

DERAS.CO.ID – Polda Sumatera Selatan menahan serta menetapkan dosen UNSRI Adhitya Rol Asmi (AR) sebagai …