Wednesday , May 1 2024
Beranda / Featured / Mahfud Ucapkan Terima Kasih Ke Jokowi
deras.co.id
DEBAT KEEMPAT PILPRES 2024: Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar (tengah) menyampaikan pandangannya saat Debat Keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (21/1).

Mahfud Ucapkan Terima Kasih Ke Jokowi

DERAS.CO.ID – Jakarta – Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 Mahfud Md mengucapkan terima kasih kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) karena sudah memilihnya sebagai Menkopolhukam.

Pernyataan itu disampaikan Mahfud pada sesi jumpa pers setelah debat cawapres di Jakarta Convention Center, Jakarta, Minggu (21/1).

“Karena ini debat terakhir cawapres, saya ingin sampaikan terima kasih kepada Pak Jokowi pada 4,5 tahun yang lalu beliau meminta saya menjadi Menkopolhukam, saya semakin banyak belajar dan tahu bahwa beliau itu sangat peduli terhadap kesejahteraan rakyat dan kebaikan rakyat,” kata Mahfud.

“Itulah sebabnya pada tahun ini saya bersedia ketika diminta menjadi Cawapres Pak Ganjar Pranowo karena apa yang saya peroleh selama menjadi menteri Pak Jokowi itu bisa saya lanjutkan di zaman atau di dalam tugas-tugas Pak Ganjar Pranowo kalau sudah jadi presiden nanti,” ujar Mahfud menambahkan.

Dengan sedikit tampak rasa haru, Mahfud Md menyebut Jokowi dan Ganjar sosok yang sama-sama presiden rakyat.

Ganjar kemudian mengaku dirinya sudah memberikan yang terbaik untuk debat keempat Pilpres 2024 itu.

“Saya sendiri merasa bahwa saya sudah memberi yang terbaik untuk debat ini,” ujarnya.

Kendati demikian, dia menilai debat kedua bagi cawapres itu berjalan seperti biasanya.

“Tadi rasanya di dalam debat ya biasa-biasa saja lah, begitu debat itu. Itu penilaian setiap orang berbeda,” katanya.

BANGGA

Sementara itu, Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto mengaku bangga melihat pasangan calonnya, Gibran Rakabuming Raka saat tampil dalam debat cawapres kedua Pilpres 2024.

Menurut Prabowo, Gibran menunjukkan kapasitasnya atas kemampuan penguasaan atas masalah ekonomi.

“Tentunya tadi saya sangat bangga lagi, ternyata Mas Gibran kembali menunjukkan kapasitas kemampuan penguasaan terhadap masalah ekonomi, jadi kami turut bangga,” ujar Prabowo dalam konferensi pers pascadebat.

Prabowopun menyinggung soal rencana pihaknya melanjutkan pembangunan yang telah diupayakan Presiden Jokowi dan presiden sebelumnya dalam memerintah Indonesia.

“Saya kira rakyat sudah semakin jelas melihat arah kebijakan yang akan kita laksanakan, melanjutkan yang sudah baik, membangun di atas fondasi yang kuat,” ujar Prabowo.

“Rakyat saya kira mengerti benar-benar apa yang sudah dihasilkan Presiden Joko Widodo dan presiden-presiden sebelumnya. Kami ingin melanjutkan semua yang baik dan menambah, mempercepat kemauan kita demi kemakmuran rakyat Indonesia,” imbuh pria yang kini masih menjabat Menteri Pertahanan itu.

Prabowo juga memuji performa Gibran dalam debat keempat itu.

Pada kesempatan yang sama, Gibran pun merespons soal pertanyaan dirinya ofensif dalam debat antarcawapres tersebut.

“Ya masalah ofensif atau tidak saya kembalikan ke pemirsa atau penonton, terima kasih. tadi saya hanya bertukar pikiran menyampaikan visi misi, itu saja,” kata putra sulung Jokowi itu.

Gibran menyampaikan debat keempat Minggu malam merupakan ajang dia bertukar pikiran dengan dua rivalnya Muhaimin Iskandar (cawapres nomor urut 1) dan Mahfud Md.

“Terima kasih sekali, malam ini (saya) berkesempatan untuk bertukar pikiran dengan Prof Mahfud dan juga Gus Muhaimin. Semoga debat malam ini memberikan gambaran tentang ke mana nanti arah ini akan melangkah,” kata Gibran.

PUJI

Capres nomor urut 1 Anies Baswedan juga mengatakan bangga melihat performa yang ditunjukkan cawapresnya, Muhaimin Iskandar, dalam debat keempat Pilpres 2024.

Hal itu terlihat kala Anies memeluk erat Cak Imin usai menyampaikan closing statement dan pada konferensi pers setelah debat tersebut berlangsung.

“Ada tiga kata atas apa yang dikerjakan Gus Muhaimin malam ini. Satu bangga, dua bangga dan tiga bangga,” kata Anies pada wartawan di Jakarta Convention Center, Jakarta, Minggu (21/1).

Anies amat bangga mengingat Cak Imin berhasil membawa marwah debat yakni membuat forum tersebut tetap membicarakan soal kebijakan, bukan menjadi sebuah definisi.

“Menjaga forum ini sebagai forum menunjukkan bagaimana kepemimpinan yang ditawarkan, kepemimpinan berlevel kebijakan bukan berlevel teknis yang sama sekali jauh dari tingkat kepemimpinan nasional,” seru Anies.

Lebih lanjut, Anies juga memuji sikap Cak Imin yang menunjukkan sikap menghormati dan menghargai lawan bicara debatnya.

“Gus Muhaimin tidak sedikitpun merendahkan orang yang sedang menjadi lawan debat. Karena seperti yang dikatakan: lawan debat adalah teman berpikir dan Gus Imin menunjukkan sikap yang terhormat dan semua dimulai dari etika,” pungkasnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar debat kandidat Pilpres 2024 yang keempat pada Minggu malam (21/1).

DEBAT

Kali ini para calon wakil presiden yang beradu gagasan.

Tema yang dibahas seputar pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa.

Debat dipandu oleh dua moderator perempuan, yakni Retno Pinasti dan Zilvia Iskandar.

Di kesempatan itu, Gibran berjanji mendorong RUU Masyarakat Hukum Adat dengan prinsip ‘Leave no one behind’ alias jangan ada yang ditinggalkan. Cak Imin dan Mahfud Md juga kampanye menggunakan istilah tersebut.

Gibran awalnya menyinggung prinsip itu saat memaparkan visi dan misinya.

“RUU Masyarakat Hukum Adat akan didorong agar lebih berkeadilan karena sesuai dengan prinsip sustainable development goals, yaitu leave no one behind narasi besarnya di sini adalah keberlanjutan dan penyempurnaan,” ucapnya.

Istilah itu juga diungkit oleh Cak Imin saat menanggapi jawaban Mahfud atas pertanyaan panelis soal masyarakat adat. Cak Imin mengatakan, prinsip tidak ada yang ditinggalkan harus digunakan untuk mencegah konflik dalam pelaksanaan proyek nasional.

“Salah satu upaya kita agar tidak terjadi konflik dalam proyek pembangunan nasional terutama PSN dengan masyarakat adat kita harus betul-betul punya prinsip tidak ada satupun yang ditinggalkan dalam mengambil keputusan,” ucap Cak Imin.

Mahfud kemudian mendapat giliran merespons tanggapan Cak Imin. Dia juga mengungkit soal prinsip jangan ada satupun yang tertinggal.

“Pak Muhaimin, di meja saya itu ada tumblr, tulisannya no one left behind, jangan ada satupun yang tertinggal. Dan itu yang saya lakukan, kalau bapak tadi katakan, jangan ada yang tertinggal dong, itu yang tadi saya putuskan ketika saya membatalkan 14 pasal Undang-Undang wilayah pesisir justru karena di situ masyarakat tidak pernah dilibatkan,” ujarnya.

Di sesi debat itu, Cak Imin juga melontarkan pertanyaan ke Gibran perihal strategi yang akan dilakukan dalam pembangunan berbasis bioregional. Setelah mendengar jawaban Gibran, Cak Imin mengaku pertanyaannya itu tidak terjawab sama sekali.

Mulanya, giliran Cak Imin melontarkan pertanyaan ke Gibran. Cak Imin bertanya strategi yang akan dilakukan Gibran dalam pembangunan berbasis bioregional berkeadilan iklim dan sosial.

“Pak Gibran, Indonesia ini terdiri dari berbagai bioregional, di mana kita harus betul-betul mengerti agar pembangunan kita tepat sasaran dan bisa tumbuh dengan baik,” kata Cak Imin.

“Pertanyaannya, bagaimana strategi Anda melaksanakan pembangunan berbasis bioregional itu agar keadilan ikllim terjaga, keadilan sosial terwujud, keadilan ekologi terlaksana dengan baik, keadilan antargenerasi juga terwujud sekaligus keadilan sosial, mohon dijelaskan?” tanya Cak Imin ke Gibran.

Gibran pun menjawab pertanyaan itu. Namun, Cak Imin merasa tidak puas. Cak Imin menyebut Gibran tidak menjawab pertanyaannya.

“Pertanyaan saya tidak terjawab sama sekali,” kata Cak Imin.

Cak Imin menyebut undang-undang dasar menyatakan potensi bioregional bukan hanya di sisi politik dan administrasi saja. Akan tetapi, kata Cak Imin, hal itu juga menyangkut ekosistem lingkungan.

“Karena di UU kita juga dinyatakan bahwa potensi bioregional kita itu adalah bahwa wilayah nasional kita itu bukan terbagi, bukan saja sekadar karena poliik dan administrasi, tetapi ekosistem lingkungannya ada, sekaligus juga komunitas masyarakat yang tumbuh menjadi pertimbangan,” kata Cak Imin.

ETIKA

Gibran juga bertanya terkait lithium ferro-phosphate atau LFP kepada Cak Imin. Cak Imin menyinggung forum debat cawapres bukan ajang untuk saling tebak-tebakan singkatan.

“Paslon nomor 1 dan tim suksesnya sering menggaungkan LFP, lithium ferro phosphate. Saya nggak tahu ini pasangan nomor 1 anti nikel atau bagaimana mohon dijelaskan,” kata Gibran mengawali pertanyaan.

Cak Imin lalu merespons pertanyaan dari Gibran dengan mengungkit persoalan etika. Cak Imin mengatakan, debat cawapres merupakan ajang untuk saling tarung kebijakan bukan singkatan.

“Tenang Pak Gibran semua ada etikanya termasuk kita diskusi di sini bukan tebak-tebakan definisi, tebak-tebakan singkatan. Kita levelnya policy dan kebijakan,” jawab Cak Imin.

Cak Imin mengatakan, tiap pembangunan nasional harus berpijak kepada etik lingkungan. Dia mengatakan komitmennya bersama Anies Baswedan untuk menempatkan manusia dan alam dalam posisi yang setara dalam tiap pembangunan di Indonesia.

“Prinsipnya sederhana semua kembali kepada etika Pak Gibran. Etika itu adalah etika lingkungan apapun yang menjadi kebijakan kita menyangkut produksi pengambilan tambang, sumber daya alam juga apapun yang kita gunakan seluruh potensi bangsa ini rujukannya adalah etika lingkungan. Intinya adalah keseimbangan antara meletakkan manusia dan alam,” papar Cak Imin.

Menurut Cak Imin, tiap aspek lingkungan hingga kepentingan masyarakat harus diperhatikan dalam pembangunan nasional. Dia menegaskan tidak ada lagi pembangunan yang berjalan sewenang-wenang dan abai terhadap keselamatan lingkungan.

“Keseimbangan ini tidak bisa ditawar-tawar agar pembangunan kita berkelanjutan agar melibatkan semua pihak ada. Tidak ada satu pun yang tertinggal sehingga produksi yang kita munculkan pun dari tambang, dari litium itu tidak sembrono, tidak sewenang-wenang bahkan yang lebih parah lagi tidak mempertimbangkan lingkungan dan keberlanjutan masa depan,” pungkas Cak Imin.

TIDAK LAYAK

Mahfud Md juga menilai jawaban dari Gibran tidak karuan. Menurutnya, penjelasan Gibran soal greenflation (inflasi hijau) dengan mengungkit demo rompi kuning di Prancis tidak ada kejelasan.

“Saya juga ingin mencari tuh, jawabannya ngawur juga. Ngarang-ngarang nggak karuan, mengkaitkan dengan sesuatu yang tidak ada,” kata Mahfud.

Saat mengatakan hal itu, Mahfud sempat menirukan gestur yang dilakukan Gibran kepadanya. Mahfud lalu enggan memberi tanggapan ke Gibran atas pertanyaan solusi menangani greenflation.

Menurutnya, pertanyaan soal greenflation bersifat ‘recehan’ sehingga menurutnya tak layak dijawab.

“Kalau akademis itu, gampangnya kalau yang bertanya seperti itu tuh recehan. Oleh sebab itu, itu tidak layak dijawab menurut saya, dan oleh sebab itu saya kembalikan ke moderator,” kata Mahfud.

Moderator sempat kembali menegaskan apakah Mahfud akan memanfaatkan waktu tersisa. Mahfud menyatakan sudah cukup memberi tanggapan dan menyerahkan kepada moderator.

“Ini ndak layak dijawab ini pertanyaan kaya gini, nggak ada ini jawabannya,” ujar dia.

Sebelumnya, Gibran memberi penjelasan atas pertanyaan solusi greenflation. Dia memberi contoh demo Rompi Kuning di Prancis pada 2018 lalu.

“Greenflation atau inflasi hijau itu, saya kasih contoh yang simple aja. Demo rompi kuning di Prancis. Bahaya sekali, sudah memakan korban. Ini harus kita antisipasi, jangan sampai terjadi di Indonesia,” kata Gibran.

Dia mengatakan Indonesia harus hati-hati dalam transisi menuju energi hijau.

“Intinya, transisi menuju energi hijau itu harus super hati-hati, jangan malah membebankan RND yang mahal, proses transisi yang mahal ini kepada masyarakat, kepada rakyat kecil, itu maksud saya inflasi hijau Prof Mahfud,” ujar dia.

BANYAK MAFIA

Gibran juga mengatakan akan mencabut Izin Usaha Pertambangan (IUP) pengusaha tambang yang melanggar aturan dan korup. Cawapres nomor urut 3, Mahfud Md mengatakan justru perkara mencabut IUP ini banyak mafianya.

Awalnya, Gibran mengatakan mencabut IUP sebagai solusi sederhana untuk menindak pengusaha tambang nakal. Sebab, hal ini sudah tertuang dalam UUD 1945 dan aturan lainnya.

“Dari pasangan Prabowo-Gibran, simpel saja solusinya. IUP-nya dicabut. Izinnya dicabut. Simpel. Karena sesuai UUD 1945 Pasal 33 Ayat 3 dan 4. Dan juga Pancasila sila 4 dan 5. Kita ingin sumber daya alam ini dimanfaatkan dibesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat,” kata Gibran.

Dia juga menyatakan hal ini sudah diatur dalam Permen Investasi. Ia ingin perusahaan besar menggandeng pengusaha lokal.

“Dan juga kita harus menjalankan Permen Investasi No 1 Tahun 2022. Intinya kita ingin perusahaan-perusahaan besar ini bisa menggandeng UMKM lokal, pengusaha lokal. Jadi mereka tidak besar sendiri. Tetapi ikut membesarkan warga lokal, pengusaha lokal dan UMKM-UMKM setempat,” ungkapnya.

Mahfud lantas menanggapi penjelasan Gibran ini. Dia membeberkan data deforestasi hutan yang sangat luas.

“Saya mencatat juga tambang ilegal sebanyak 2.500 tapi juga ada yang lebih dari itu. Dalam 10 terakhir, terjadi deforestasi 12,5 hektare hutan kita. Itu jauh lebih luas dari Korea Selatan dan 23 kali luasnya Pulau Madura di mana saya tinggal,” kata Mahfud menanggapi Gibran.

Bagi Mahfud, justru mencabut IUP tidak semudah itu. Mahfud mengatakan ada banyak mafia di balik pencabutan IUP ini.

“Bilang cabut aja IUP-nya ya itu masalahnya. Mencabut IUP itu banyak mafianya. Banyak mafianya,” katanya.

Mahfud lantas menceritakan pengalamannya saat mengirim tim ke lapangan tetapi ditolak. Ia juga mengungkit pernyataan KPK terkait tambang ilegal.

“Saya sudah mengirim tim ke lapangan ditolak. Sudah putusan Mahkamah Agung. Itu begitu. Bahkan KPK seminggu lalu mengatakan untuk pertambangan di Indonesia itu banyak sekali yang ilegal. Dan itu dibeking oleh aparat-aparat dan pejabat,” katanya.

PELUKAN

Debat cawapres tersebut diakhiri dengan pasangan capres-cawapres saling bersalaman.

Mulanya moderator menutup acara debat keempat itu. Kemudian, pasangan calon pun saling bersalaman.

Gibran terlihat menghampiri Muhaimin Iskandar dan Mahfud Md. Gibran pun menyalami keduanya.

Terlihat juga Cak Imin dan Mahfud bersalaman. Kemudian, capres nomor urut 1 Anies Baswedan tampak naik ke panggung dan menyalami Gibran, Mahfud dan Cak Imin.

Lalu capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo juga naik panggung dan menyalami para cawapres. Ganjar dan Anies juga terlihat menghampiri capres nomor urut 2 Prabowo Subianto.

Kemudian, Anies terlihat merangkul Cak Imin. Anies dan Cak Imin pun terlihat saling berpelukan.

Sumber: hariansib.com

Baca Juga

deras.co.id

Dinas Sosial Medan Diminta Tindak Tegas Panti Asuhan Yang Eksploitasi Anak

DERAS.CO.ID – Medan – Dinas Sosial (Dinsos) Kota Medan Diminta menindak tegas sejumlah panti asuhan …