Wednesday , May 1 2024
Beranda / Bisnis / Bos Apple: RI Pasar Penting Buat Kami
deras.co.id
BERBINCANG: Presiden Joko Widodo berbincang dengan CEO Apple Tim Cook saat menerima kunjungan delegasi Apple di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/4).

Bos Apple: RI Pasar Penting Buat Kami

DERAS.CO.ID – Jakarta – CEO Apple Tim Cook bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat Rabu (17/4). Usai pertemuan, Tim Cook mengaku dirinya melakukan perbincangan yang sangat menyenangkan dengan Jokowi.

Bos raksasa elektronik Amerika Serikat (AS) itu juga meyakini bahwa Indonesia saat ini merupakan salah satu pasar penting bagi Apple.

“Indonesia adalah pasar yang sangat penting bagi kami. Dan saya melakukan percakapan yang menyenangkan dengan Tuan Presiden tentang komitmen kami terhadap negara ini,” ungkap Tim Cook usai melakukan pertemuan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (17/4).

Tim Cook mengatakan salah satu pembicaraan utama yang dia lakukan adalah soal pembukaan Apple Developer Academy yang keempat di Indonesia. Nantinya, fasilitas itu akan dibuka di Bali.

Sejauh ini Apple menggelontorkan Rp 1,6 triliun untuk membangun 4 Apple Developer Academy. Saat ini akademi itu sudah ada di Batam, Tangerang Selatan, dan Surabaya. Berikutnya akan dibuka di Bali.

“Kami membuka Developer Academy keempat yang kami umumkan kemarin, yang ini akan berada di Bali. Kami sangat gembira karena akademi ini telah berprestasi dan meluluskan ribuan orang, serta mampu membuat aplikasi, tidak hanya di dalam negeri tetapi juga di luar negeri,” beber Tim Cook.

Sangat Cerah

Tim Cook mengaku kagum dengan Indonesia. Menurutnya Indonesia saat ini punya semua faktor utama sebagai negara yang akan tumbuh menjadi negara besar.

Bahkan dia percaya diri menyatakan masa depan Indonesia akan sangat cerah.

“Saya melihat semua faktor utama yang membuat negara ini bisa berkembang dengan baik saat ini dan bahkan lebih baik lagi di masa depan. Masa depan Indonesia sangat cerah,” kata Tim Cook.

Dia juga mengaku Indonesia sangat berkesan. Tim Cook mengatakan dirinya sangat cinta Indonesia. Dia terkesan dengan suasana, budaya, bahkan semangat juang muda mudi di Indonesia.

“Saya cinta Indonesia, saya suka suasana di sini, budayanya, saya suka generasi mudanya, semangatnya, lingkungan setempatnya,” ungkapnya.

Cook juga meyakini bahwa Indonesia saat ini merupakan salah satu pasar penting bagi Apple. Pihaknya berkomitmen untuk terus berinvestasi dan melakukan inovasi di Indonesia.

“Indonesia adalah pasar yang sangat penting bagi kami,” pungkasnya.

Tim Cook menyebut Jokowi ingin melihat pabrik Apple di Indonesia.

“Kami berbicara tentang keinginan Presiden untuk melihat pabrik (Apple) di dalam negeri, dan itu adalah sesuatu yang akan kami pertimbangkan,” ujar Tim Cook .

Investasi

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menjelaskan dalam pertemuan itu Presiden Jokowi meminta agar Apple ikut berinvestasi membangun smart city di IKN.

Budi Arie menilai Tim Cook menyambut baik permintaan dari Presiden Jokowi.

“Tadi Pak Presiden meminta kepada (CEO Apple) Tim Cook kalau bisa Apple terlibat pengembangan smart city di IKN. (Responsnya) bagus,” ujar Budi di Istana Kepresidenan.

Di kesempatan yang sama, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menjelaskan untuk memperlancar partisipasi dan investasi Apple di IKN, Presiden Jokowi menunjuk Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan untuk menjadi koordinatornya.

“Teknisnya di kementerian, Bapak Presiden menugaskan Pak Luhut sebagai koordinator,” kata dia.

Agus Gumiwang menjelaskan saat ini, investasi Apple di Indonesia baru mencapai angka riil Rp1,2 triliun.

Angka itu akan bertambah hingga mencapai Rp1,6 triliun setelah pembangunan infrastruktur pendidikan berupa Apple Developer Academy keempat selesai dibangun di Bali.

Di sisi lain, impor produk Apple oleh Indonesia sudah mencapai angka 2 miliar dollar AS.

“Jadi kan kalau dalam bisnis tidak bisa dikatakan gap, tapi ada hal yang penting kalau mereka expand establishment-nya di Indonesia,” ujar dia.

Lebih lanjut Menperin Agus Gimawang menjelaskan Presiden Jokowi juga mendorong Apple untuk menciptakan pabrik manufaktur di dalam negeri. Agus menilai sejumlah komponen perangkat Apple sudah siap di Indonesia.

“Nanti setelah dari sini dari Kemenperin akan melakukan proses business matching, kami sudah punya list-nya terhadap komponen-komponen apa saja, komponen HP cellphone yang sudah diproduksi di Indonesia yang mungkin bisa kita kawinkan, namanya business matching,” ujarnya.

Tak hanya itu, Presiden Jokowi mengajak Apple untuk membentuk pusat inovasi yang bekerja sama dengan universitas terbaik di Indonesia untuk pengembangan sumber daya manusia.

“Ini juga satu hal yang Tim Cook itu juga sangat ingin sekali untuk melakukan follow up. Banyak tadi juga dibicarakan bagaimana kita men-develop human resources atau human development yang ada di Indonesia melalui Apple,” ujar Agus.

Gumiwang juga berbicara soal banyaknya produk Apple yang diimpor oleh Indonesia. Dia mengatakan, salah satu yang terbanyak diimpor ialah handphone atau HP buatan Apple.

“Dari sekitar dari tahun 2023 itu tahun produksi HP di Indonesia itu produksi ya jadi yang dibuat dalam negeri sekitar 49 juta, hampir 50 juta,” ujar Agus .

“Dari 2,79 juta pieces itu boleh saya sampaikan 85% adalah Apple product,” jelasnya.

Dia mengatakan Indonesia ingin produk Apple lebih banyak menggunakan komponen dalam negeri lewat investasi di Indonesia. Dia mengatakan salah satu investasi Apple ialah pendidikan bagi calon pengembang Apple.

“Apple ini salah satu pendekatan yang sangat unik yang kita ambil untuk menghitung TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri). Itu berdasarkan investasi dan investasi mereka itu adalah di dalam membangun infrastruktur pendidikan bagi calon-calon developer namanya Apple Developer Academy,” jelasnya.

Agus Gumiwang mengaku ingin mendorong Apple membangun pabrik di Indonesia.

“Itu (pabrik Apple) juga yang ingin kami dorong bahwa sebetulnya komponen-komponen HP itu sudah siap ada di Indonesia,” ujar Agus Gumiwang.

Komponen yang dimaksud Agus antara lain baterai, kabel, dan lain-lain. Indonesia akan berusaha business matching dengan Apple.

“Kami akan coba business matching dengan Apple apakah mereka bisa menggunakan produk-produk dari dalam negeri yang sebetulnya kita sudah siap, sudah siap,” lanjutnya.

Bakal Temui

Menkominfo Budi Arie juga mengatakan, CEO Microsoft Satya Nadella bakal hadir ke Indonesia dan melakukan pertemuan langsung dengan Jokowi.

Rencananya, Budi Arie bilang 30 April 2024 nanti Satya Nadella akan menemui Jokowi. Menurutnya, pemerintah ingin semua pemain teknologi global hadir di Indonesia. Khususnya, hadir untuk mengembangkan investasi dan kemajuan teknologi.

“Nanti tanggal 30 April, CEO (Microsoft) juga. Pokoknya, semua global player ini kita harapkan hadir di Indonesia bukan hanya hadir secara seremoni juga hadir untuk kembangkan investasi dan kemajuan teknologi ke depan,” kata Budi Arie .

Dua hal utama yang bakal dikejar dari Microsoft adalah investasi ke proyek strategis di Indonesia dan ikut mengembangkan sumber daya manusia.

Budi Arie mengatakan Indonesia ingin menjadi episentrum dalam ekosistem digital dunia. Meski persaingannya berat, hal ini harus dilakukan agar Indonesia aktif dalam rantai pasok teknologi dunia dan bukan cuma jadi pasar.

Selain Satya Nadella dari Microsoft, Budi Arie juga mengatakan pihaknya berencana mengundang CEO NVIDIA Jensen Huang.

“Kita usahain Jensen Huang dari NVIDIA juga ikut ke sini. Semua big player IT dunia ada di Indonesia. Ini mencakup industrinya juga,” katanya.

Temui Prabowo

Tim Cook juga menemui Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto usai menemui Presiden Jokowi. Prabowo menerima Tim Cook di kantornya, Rabu (17/4).

Dalam pertemuan itu, Prabowo didampingi Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Budi Arie Setiadi.

“Pertemuan Tim Cook dan Pak Prabowo sekitar satu jam sejak pukul 13.00 WIB,” kata Budi Arie.

Menurut Budi Arie, Tim Cook menyampaikan rencana investasi dan Apple Developer Academy di Indonesia kepada Prabowo.

“Indonesia negara yang menarik dan potensial bagi Apple,” ujar Budi Arie menirukan ucapan Tim Cook.

Prabowo, yang juga merupakan Presiden terpilih hasil Pemilu 2024 menyambut baik diskusi tersebut. Dia juga menerima niat baik Apple untuk berinvestasi di Indonesia. Prabowo berharap investasi Apple bisa terlaksana dengan baik di Indonesia serta tepat waktu.

“Pak Prabowo menyampaikan, Indonesia sangat welcome dengan komitmen Apple untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan Indonesia,” kata Budi Arie.

Sumber: hariansib.com

Baca Juga

deras.co.id

Dinas Sosial Medan Diminta Tindak Tegas Panti Asuhan Yang Eksploitasi Anak

DERAS.CO.ID – Medan – Dinas Sosial (Dinsos) Kota Medan Diminta menindak tegas sejumlah panti asuhan …