Wednesday , May 1 2024
Beranda / Featured / Pj Gubernur Tetapkan 4 Prioritas Pembangunan
deras.co.id
FOTO BERSAMA: Pj Gubernur Sumut Hassanudin didampingi Wakil Ketua DPRD Sumut Harun Mustafa Nasution, Rahmansyah Sibarani, Irham Buana Nasution, Misno Adi Syahputra dan Sekdaprov Sumut Arif Tri Nugroho, foto bersama mantan Gubernur Sumut HT Erry Nuradi, mantan Sekdaprov Sumut Dr RE Nainggolan, Muhyan Tambuse, Nurdin Lubis, Hasban Ritonga dan mantan Ketua DPRD Sumut Hj Darmataksiah, H Wagirin Arman, mantan Wakil Ketua DPRD Sumut Japorman Saragih, Bachtiar Sonar Siregar dan HM Affan, seusai menerima penghargaan dan cenderamata dari Pj Gubernur Sumut, Rabu (17/4) di DPRD Sumut.

Pj Gubernur Tetapkan 4 Prioritas Pembangunan

DERAS.CO.ID – Medan – Pejabat (Pj) Gubernur Sumut Hassanudin mengatakan, Pemprov Sumut telah menetapkan empat prioritas pembangunan di Sumut, guna menghadapi tantangan yang semakin beragam, sehingga nantinya diharapkan dapat memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat yang berpenduduk 15 juta lebih ini.

Hal itu disampaikan Hassanudin, dalam sambutannya pada Sidang Paripurna Istimewa DPRD Sumut yang dipimpin Wakil Ketua Dewan Harun Mustafa Nasution, didampingi Wakil Ketua Dewan Rahmansyah Sibarani, Irham Buana Nasution dan Misno Adisyah Putra dalam agenda memperingati Hari Jadi ke 76 tahun Pemprov Sumut, Rabu (17/4) di DPRD Sumut.

Dalam acara tersebut turut dihadiri Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, mewakili Pangdam I/BB, perwakilan unsur Forkompinda, Sekdaprov Sumut Arif Tri Nugroho, mantan Gubernur Sumut HT Erry Nuradi, mantan Sekdaprov Sumut DR RE Nainggolan, H Nurdin Lubis, Muhyan Tambuse, Hasban Ritonga mantan Ketua DPRD Sumut Hj Darmataksiah, H Wagirin Arman, mantan Wakil Ketua DPRD Sumut Japorman Saragih, H Bachtiar Sonar Siregar dan HM Affan.

“Adapun empat prioritas pembangunan dimaksud, yakni, peningkatan kualitas sumber daya manusia, peningkatan pertumbuhan ekonomi inklusif, peningkatan kualitas pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan dan peningkatan tata kelola pemerintah yang berkualitas dan inovatif,” tegas Pj Gubernur Sumut.

Ke empat prioritas ini, tambah Hassanudin, diharapkan akan dapat memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat Sumut serta benar-benar mempersiapkan diri, dengan menguatkan sinergitas, kolaborasi dan kerjasama antar pemangku kepentingan serta peran keterlibatan seluruh lapisan masyarakat.

“Ini adalah kunci untuk meraih keberhasilan pembangunan Pemprov Sumut dalam upaya meningkatkan capaian pembangunan di tahun 2024 ini, ” katanya sembari menambahkan HUT ke 76 Pemprov Sumut kali ini mengusung tema “Sumut Hebat dan Lebih Baik”.

Dalam kesempatan itu, Hassanudin juga membeberkan capaian yang telah diraih Pemprov Sumut, di antaranya pertumbuhan ekonomi yang tercatat pada angka 5,01 persen dengan nilai Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku sebesar Rp271,39 triliun.

“Dari sisi regional Kepulauan Sumatera, kontribusi pertumbuhan ekonomi Sumut merupakan kontribusi terbesar terhadap pertumbuhan ekonomi di Pulau Sumatera, yang mencapai 23,25 persen,” katanya.

Kemudian, persentase kemiskinan tercatat sebesar 8,15 persen atau di atas capaian nasional sebesar 9,36 persen, persentase estimasi kemiskinan ekstrem tercatat sebesar 0,78 persen atau lebih baik dari capaian nasional sebesar 1,12 persen dan prevalensi stunting tercatat sebesar 18,9 persen atau lebih baik dari capaian nasional sebesar 21,5 persen.

“Provinsi Sumut juga merupakan provinsi ke-9 dengan angka stunting terendah di Indonesia. Disisi layanan, Pemprov Sumut juga sudah berada pada katagori baik dengan nilai 87,21 poin dan meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang ke 9 kali secara berturut-turut dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas laporan keuangan pemerintah daerah sejak tahun anggaran 2014 hingga tahun anggaran 2022,” katanya.

Diakhir pidatonya, Hassanudin juga mengajak seluruh masyarakat untuk menyukseskan Pekan Olahraga Nasional (PON) yang akan menggelar pertandingan 34 cabang olah raga dan upacara seremonial penutupan PON yang akan diselenggarakan di Sumut pada tahun ini.

Di penghujung acara, Pj Gubernur Sumut didampingi pimpinan DPRD Sumut memberikan penghargaan dan cenderamata kepada mantan Gubernur Sumut HT Erry Nuradi, mantan Sekdaprov Sumut Dr RE Nainggolan, Muhyan Tambuse, Nurdin Lubis, Hasban Ritonga, mantan Ketua DPRD Sumut Hj Darmataksiah, H Wagirin Arman, mantan Wakil Ketua DPRD Sumut Japorman Saragih, H Bachtiar Sonar Siregar dan HM Affan.

Sumber: hariansib.com

Baca Juga

deras.co.id

Dinas Sosial Medan Diminta Tindak Tegas Panti Asuhan Yang Eksploitasi Anak

DERAS.CO.ID – Medan – Dinas Sosial (Dinsos) Kota Medan Diminta menindak tegas sejumlah panti asuhan …