Thursday , May 2 2024
Beranda / Berita / Rupiah Terjun Bebas, Rp 14.711 per USD
deras.co.id

Rupiah Terjun Bebas, Rp 14.711 per USD

Nilai tukar rupiah terus mengalami tekanan. Pada perdagangan hari ini, rupiah diperdagangkan di level Rp 14.725 per USD. Sementara kurs tengah Bank Indonesia (BI) mencatat rupiah melemah 56 poin dari posisi Rp 14.655 menjadi Rp 14.711 per USD pada perdagangan, Jumat (31/8).

Analis riset Forex Time Lukman Otunuga menyebut, Rupiah menjadi salah satu mata uang Asia berkinerja paling buruk di tahun 2018 di tengah masalah perang dagang global dan ekspektasi kenaikan suku bunga AS membebani pasar berkembang.

“Rupiah tetap melemah meski Bank Indonesia sudah meningkatkan suku bunga sebanyak empat kali sejak Mei guna menyelamatkan mata uang Indonesia,” ujarnya seperti diberitakan, Jumat (31/8).

Data BI mencatat suku bunga acuan (BI 7 day Repo rate) telah naik sebanyak empat kali dari 4,5 persen pada 17 Mei 2018 menjadi 5,5 persen pada 16 Agustus 2018.

Menurut Lukman, Bank Sentral AS Federal Reserve diprediksi kembali meningkatkan suku bunga pada September dan Dolar akan stabil, sehingga Rupiah berpotensi terus melemah.

Di samping itu, lanjutnya, euforia awal dari kesepakatan dagang AS-Meksiko agak tertutupi oleh kekhawatiran yang semakin besar bahwa hubungan dagang AS-Tiongkok semakin memburuk.

“Karena perhatian investor kembali tertuju pada kurangnya perkembangan negosiasi panjang antara Amerika Serikat dan Tiongkok,” tuturnya.

Kegelisahan mengenai perang dagang global dapat kembali meradang apabila pemerintahan Trump meningkatkan tarif pada USD 200 miliar barang Tiongkok pada 5 September ini.

Sumber: jawapos.com

Baca Juga

deras.co.id

Dinas Sosial Medan Diminta Tindak Tegas Panti Asuhan Yang Eksploitasi Anak

DERAS.CO.ID – Medan – Dinas Sosial (Dinsos) Kota Medan Diminta menindak tegas sejumlah panti asuhan …