Thursday , May 2 2024
Beranda / Featured / Pengkhianatan Inggris Terhadap Palestina Melalui Perjanjian Balfour (Bagian 2-Terakhir)
Pengungsi Palestina kembali ke desa mereka setelah menyerah selama perang Arab 1948 melawan proklamasi Negara Israel pada 15 September 1948.

Pengkhianatan Inggris Terhadap Palestina Melalui Perjanjian Balfour (Bagian 2-Terakhir)

DERAS.CO.ID – Rashid Khalidi, sejarawan Palestina terkemuka, berpendapat, dengan meyakinkan menurut pendapat saya, bahwa Palestina tidak hilang pada akhir 1940-an, seperti yang umumnya diyakini, tetapi pada akhir 1930-an.

Alasan utama yang dia berikan untuk sudut pandang ini adalah kerusakan parah yang ditimbulkan Inggris terhadap masyarakat Palestina dan pasukan paramiliternya selama Pemberontakan Arab.

Argumen ini diajukan dalam bab Khalidi dalam sebuah buku yang diedit bersama oleh Eugene Rogan dan saya, The War for Palestine: Rewriting the History of 1948.

Pengkhianatan terakhir Inggris terhadap Palestina terjadi saat perjuangan untuk Palestina memasuki fase paling krusial setelah berakhirnya Perang Dunia Kedua. Pada saat ini, Inggris berselisih dengan anak didik Zionisnya dan para ekstremis di antara mereka melakukan kampanye teror yang dirancang untuk mengusir pasukan Inggris keluar dari negara tersebut.

Episode paling terkenal dalam kampanye kekerasan ini adalah serangan pada Juli 1946, oleh Irgun, Organisasi Militer Nasional, di Hotel King David di Yerusalem yang menjadi markas administrasi Inggris.

Menyusul serangan ini dan serangan lainnya, pemerintah Inggris yang diperangi memutuskan secara sepihak untuk melepaskan mandat. Pada 29 November 1947, Perserikatan Bangsa-Bangsa mengeluarkan resolusi untuk membagi Mandat Palestina menjadi dua negara, satu Yahudi, yang satunya Arab.

Orang-orang Yahudi menerima pemisahan dan orang-orang Arab menolaknya. Akibatnya, Inggris menolak untuk melaksanakan rencana pembagian PBB dengan alasan tidak mendapat dukungan dari kedua belah pihak.

Namun, ada alasan lain: permusuhan terhadap perjuangan nasional Palestina. Gerakan nasional Palestina dipimpin oleh Haji Amin al-Husseini, mufti agung Yerusalem, yang berselisih dengan Inggris dan melarikan diri dari negara itu selama Pemberontakan Arab.

Di mata Inggris, negara Palestina identik dengan negara mufti. Oleh karena itu, permusuhan terhadap kepemimpinan Palestina dan negara Palestina merupakan faktor yang konstan dan menentukan dalam kebijakan luar negeri Inggris dari 1947 hingga 1949.

Mandat tersebut berakhir pada tengah malam 14 Mei 1948. Jalan keluar Inggris dari kebingungan adalah dengan mendorong kliennya, Raja Abdullah dari Yordania, untuk menginvasi Palestina setelah berakhirnya mandat, dan untuk menaklukkan Tepi Barat yang telah dialokasikan oleh PBB untuk wilayah tersebut.

Pada saat ini, raja yang licik telah mencapai kesepakatan diam-diam dengan Badan Yahudi untuk membagi Palestina di antara mereka sendiri, dengan mengorbankan orang Palestina.

Kesepakatan diam-diam adalah bahwa orang Yahudi akan mendirikan negara Yahudi di bagian Palestina mereka, sementara Abdullah akan menguasai bagian Arab, dan bahwa mereka akan berdamai setelah debu mengendap.

Netralitas palsu

Selama perang saudara yang pecah di Palestina menjelang 14 Mei, Inggris berdiri di pinggir lapangan, melepaskan tanggung jawabnya untuk menjaga hukum dan ketertiban.

Netralitas palsunya membantu pihak Zionis menjadi lebih kuat. Selama bulan-bulan terakhir mandat, pasukan paramiliter Zionis melancarkan serangan dan mengintensifkan pembersihan etnis di negara tersebut.

Gelombang besar pertama pengungsi Palestina terjadi di bawah pengawasan Inggris. Inggris meninggalkan penduduk asli Palestina sembari berbelas kasihan kepada pemukim penjajah Zionis.

Singkatnya, Inggris secara aktif menciptakan kondisi untuk tujuan imperialisnya yang egois, di mana malapetaka Palestina “Nakba” dapat terjadi. Untaian tak terputus dari duplikasi, kebohongan, ketidakjujuran, dan penipuan menghubungkan kebijakan luar negeri Inggris dari awal mandatnya ke Nakba.

Cara mandat berakhir adalah noda terburuk dalam seluruh catatan Inggris sebagai kekuatan besar yang bertanggung jawab atas Palestina. Itu menunjukkan betapa sedikitnya perhatian Inggris terhadap orang-orang yang seharusnya dilindungi dan dipersiapkan untuk pemerintahan sendiri.

Ketika keadaan menjadi sulit, kekuatan wajib terputus begitu saja. Tidak ada transfer kekuasaan yang tertib ke badan lokal. Kepercayaan suci peradaban akhirnya, tidak dapat diubah dan dikhianati.

Mimpi Lord Balfour berubah menjadi mimpi buruk Palestina. Dalam kesadaran kolektif rakyat Palestina, Nakba bukanlah peristiwa yang terisolasi melainkan proses sejarah yang berkelanjutan. Saat ini, lebih dari 5,9 juta pengungsi terdaftar di UNRWA, badan PBB untuk pengungsi Palestina.

Hanan Ashrawi menciptakan istilah Nakba yang sedang berlangsung untuk menunjukkan peristiwa kekerasan dan perampasan Palestina yang berkelanjutan di tangan kolonialisme pemukim Zionis hingga hari ini. Dalam pidatonya di sebuah konferensi PBB pada 2001, dia menyebut orang-orang Palestina sebagai sebuah bangsa yang disandera oleh Nakba yang sedang berlangsung, sebagai ekspresi kolonialisme, apartheid, rasisme, dan viktimisasi yang paling rumit dan meluas.

Kontradiksi dalam kebijakan Inggris

Sungguh melankolis untuk menambahkan bahwa tidak ada satu pun dari jajaran pemerintah Inggris yang pernah meminta maaf atas peran yang dimainkan Inggris dalam pengebirian Palestina yang bersejarah. Lima perdana menteri Konservatif terakhir, dimulai dengan David Cameron, semuanya adalah pendukung setia Israel.

Pada 2017, pada peringatan seratus tahun Deklarasi Balfour, Perdana Menteri Theresa May saat itu menyatakan bahwa itu adalah salah satu surat terpenting dalam sejarah.

Hal ini menunjukkan peran penting Inggris dalam menciptakan tanah air bagi orang-orang Yahudi. Dan ini adalah hari jadi yang akan kami rayakan dengan bangga. Tidak disebutkan korban Palestina dari surat penting ini.

Boris Johnson, dalam bukunya tahun 2014 The Churchill Factor, menggambarkan Deklarasi Balfour sebagai aneh, dokumen yang secara tragis tidak koheren dan sepotong fudgerama FO yang sangat indah.

Namun pada 2015, dalam perjalanan ke Israel sebagai walikota London, Johnson memuji Deklarasi Balfour sebagai hal yang luar biasa.

Pada Oktober 2017, dalam kapasitasnya sebagai menteri luar negeri, Johnson mengajukan debat di House of Commons tentang Deklarasi Balfour.

Dia mengulangi kebanggaan Inggris atas perannya dalam menciptakan negara Yahudi di Palestina. Meskipun sebagian besar mengakui Palestina sebagai sebuah negara, dia menolak melakukannya, dengan mengatakan waktunya tidak tepat.

Hal ini mengungkap kontradiksi mendasar di jantung kebijakan Inggris: menganjurkan solusi dua negara tetapi hanya mengakui satu.

Penerus Johnson, Liz Truss, menunjukkan ketidakpedulian terhadap kepekaan Palestina dan sejauh mana mereka akan mengambil hati Israel dan pendukungnya yang tidak kritis di negara ini.

Selama kampanye pemilihannya sebagai pemimpin Partai Konservatif, dia melontarkan gagasan untuk memindahkan kedutaan Inggris dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Untungnya, selama 49 hari menjadi perdana menteri, Truss tidak dapat menindaklanjuti ide konyol ini.

Kebijakan luar negeri Inggris saat ini tidak pernah menyesali Nakba dan tanpa malu-malu pro-Zionis. Makalah kebijakan yang dikeluarkan pemerintah pada 21 Maret 2023 berjudul Peta Jalan 2030 untuk Hubungan Bilateral Inggris-Israel. Makalah ini mencakup perdagangan dan kerja sama di sejumlah besar bidang.

Tapi itu juga termasuk janji Inggris untuk menentang penyerahan konflik Israel-Palestina ke Mahkamah Internasional, untuk menentang gerakan global, akar rumput, Boikot, Divestasi, Sanksi (BDS) tanpa kekerasan untuk mengakhiri pendudukan Israel, dan bekerja untuk mengurangi pengawasan terhadap Israel di PBB.

Singkatnya, makalah kebijakan memberi Israel spektrum penuh kekebalan atas tindakan ilegal dan kejahatan terhadap rakyat Palestina.

Dengan demikian, ini adalah cerminan setia dari bias pro-Zionis dalam kebijakan luar negeri Inggris selama 100 tahun terakhir.

[arrahmah]

Baca Juga

deras.co.id

Pengerjaan Proyek Multiyears Rp 2,7 Triliun Di Karo Belum Tuntas

DERAS.CO.ID – Karo – Pengerjaan proyek multiyears Rp 2,7 triliun di Kabupaten Karo meliputi jalan …