Thursday , May 2 2024
Beranda / Featured / Pemerintah Inggris Tutup Rekening Bank Milik Muslim

Pemerintah Inggris Tutup Rekening Bank Milik Muslim

DERAS.CO.ID – London – Dewan Muslim Inggris (MCB) telah mendesak Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak untuk meminta peninjauan atas dugaan penutupan sewenang-wenang rekening bank milik individu dan organisasi Muslim.

Sebuah surat terbuka yang diterbitkan Selasa (1/8/2023) dan ditulis oleh Sekretaris Jenderal MCB Zara Mohammed meminta Sunak untuk bertindak atas banyak individu Muslim yang taat hukum dan organisasi yang dipimpin Muslim yang sangat terpengaruh oleh penarikan layanan perbankan secara sewenang-wenang.

Mohammed membandingkan intervensi tegas, Sunak baru-baru ini dalam menyerukan Grup NatWest untuk mengembalikan layanan kepada mantan pemimpin Partai Kemerdekaan Inggris (UKIP) dan tokoh sayap kanan Nigel Farage dengan diamnya ketika bank melakukan hal yang sama kepada Muslim dan organisasi yang berorientasi Islam.

Surat MCB mengklaim bahwa banyak individu dan badan amal Muslim terkenal telah menjadi sasaran, tetapi, tidak seperti Farage, belum memiliki platform untuk memprotes dan berbicara tentang kasus mereka ke bank, media atau pemerintah, oleh karena itu diperlukan peninjauan.

Menyerukan peninjauan, Mohamed menulis “Kami mendesak Anda untuk memastikan bahwa setiap peninjauan meneliti mengapa Muslim Inggris dan organisasi yang dipimpin Muslim tampaknya dipilih secara sistematis, dan terkena dampak secara tidak proporsional, oleh praktik ini.”

Kasus Farage melibatkan Coutts, pemberi pinjaman swasta eksklusif, menutup rekeningnya karena, seperti dikutip dalam dokumentasi internal bank itu sendiri, ketakutan akan kerusakan reputasi atas dugaan promosi xenofobia, chauvinistik, dan pandangan rasis Farage.

Bank menarik kembali keputusannya setelah protes kemarahan oleh media sayap kanan Inggris dan intervensi dari Sunak dan Menteri Dalam Negeri Suella Braverman.

Insiden tersebut menimbulkan pertanyaan apakah penargetan Muslim ada hubungannya dengan pandangan politik mereka tentang Israel dan Palestina, atau area lain di mana mereka mungkin bertentangan dengan konsensus politik Inggris.

Baru-baru ini, Anas Altikriti, CEO dan pendiri The Cordoba Foundation, yang merupakan kelompok penasihat dan penelitian Muslim, turun ke media sosial untuk mengutuk bank Barclays karena secara sewenang-wenang menempatkan rekening banknya di bawah peninjauan, membuatnya kelebihan penarikan sebesar £500.000.

Dalam serangkaian tweet, Altikriti mendokumentasikan kejadian aneh dengan akunnya, yang katanya telah membuatnya “terkunci dari kemampuan saya untuk bergerak dan membeli barang-barang penting untuk saya dan keluarga saya.”

Dua hari sebelum Barclays membekukan akunnya, dia telah menulis op-ed mengkritik bank karena menargetkan dia dan aktivis dan organisasi Muslim lainnya di masa lalu, serta kemunafikan media karena tidak meliputnya seperti yang mereka lakukan dengan Farage.

Menanggapi spekulasi oleh beberapa orang di Twitter bahwa pembekuan mungkin terjadi karena alasan lain, CEO lembaga think tank itu mengatakan dia telah menutup enam akun selama bertahun-tahun dan dia tidak percaya pola ini adalah kebetulan.

Salah satu penutupan ini melibatkan kasus kontroversial HSBC 2015 yang menutup rekening individu yang diduga terkait dengan Ikhwanul Muslimin, berdasarkan fakta UEA menganggap kelompok tersebut sebagai “teroris”, meskipun tidak ada sebutan seperti itu di Inggris.

Belum diketahui mengapa Barclays menangguhkan akun Altikriti, atau apakah dia menjadi sasaran atau tidak karena pandangan politiknya.

Namun, aktivis kelahiran Irak, yang mengadvokasi perlawanan Palestina dan telah mendukung Ikhwanul Muslimin, dengan jelas meyakini hal ini, men-tweet “Jelas bahwa saya dibungkam dan bank menyadari bahwa saya tidak memiliki sarana yang tersedia untuk seseorang seperti Nigel Farage atau akses media yang dimilikinya.”

Saat dihubungi, juru bicara Barclays memberi tahu The New Arab bahwa meskipun mereka tidak dapat mengomentari akun individu mana pun, “kami mematuhi kewajiban hukum dan peraturan kami. Kami hanya akan menarik layanan perbankan dari individu atau bisnis dalam keadaan luar biasa”.

“Kami mendukung inisiatif pemerintah untuk membakukan pendekatan lintas bank, termasuk non-eksklusi atas dasar pandangan atau keyakinan politik,” tambah mereka.

[arrahmah]

Baca Juga

deras.co.id

Pengerjaan Proyek Multiyears Rp 2,7 Triliun Di Karo Belum Tuntas

DERAS.CO.ID – Karo – Pengerjaan proyek multiyears Rp 2,7 triliun di Kabupaten Karo meliputi jalan …