Sunday , May 19 2024
Beranda / Featured / Garuda Pertiwi Siap Tempur Lawan Filipina
deras.co.id
LATIHAN: Pesepak bola Timnas Indonesia Putri U-17 Allya Putri (kiri) mengikuti sesi latihan resmi menjelang Piala Asia Putri U-17 2024 di Training Center Bali United, Pantai Purnama, Gianyar, Bali, Minggu (5/5).

Garuda Pertiwi Siap Tempur Lawan Filipina

DERAS.CO.ID – Jakarta – Status debutan memang tersemat kepada Filipina di Piala Asia Putri U-17 2024. Namun, Indonesia tak bisa memandang sebelah mata Filipina dalam duel Asia Tenggara. Indonesia, yang juga seperti tim debutan karena absen 19 tahun lamanya dari Piala Asia Putri U-17, akan mendapatkan ujian dari mentalitas baja Filipina.

Duel wakil Asia Tenggara antara Timnas Putri Indonesia U-17 dan Filipina akan tersaji dalam hari pertama gelaran Piala Asia Putri U-17 2024, Senin (6/5) pukul 19.00 Wita. Berlaga di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Garuda Pertiwi bakal menghadapi Filipina yang tengah menjelma kekuatan baru Asia Tenggara.

Pelatih timnas Indonesia Satoru Mochizuki memahami kekuatan yang dimiliki Filipina itu. Namun, pelatih asal Jepang ini tak segan untuk menargetkan kemenangan dalam laga perdana tersebut. Apalagi, Mochizuki juga memiliki harapan Indonesia bisa lolos penyisihan grup dan mengukir sejarah.

“Kami tahu Filipina adalah tim yang kuat, tetapi dalam sepak bola tidak ada sesuatu yang pasti. Yang pasti hanyalah kami harus mempersiapkan diri dengan baik untuk pertandingan ini,” tutur Mochizuki saat ditemui selepas latihan terakhir Indonesia di Bali United Training Center, Gianyar, Minggu (5/5).

Kekuatan Filipina memang patut diwaspadai. Apalagi untuk bisa lolos pertama kalinya ke Piala Asia Putri U-17, Filipina mengatasi tantangan yang tak mudah selama kualifikasi.

Pada putaran pertama, Filipina sukses memenangi dua pertandingan Grup G melawan Lebanon dan Guam. Tantangan datang pada putaran kedua saat tim asuhan pelatih Sinisa Cohadzic ini langsung takluk dalam laga perdana kontra Australia, 2-6.

Namun, dari tantangan berat itu, Filipina menunjukkan mental baja untuk bangkit mengalahkan Bangladesh, 3-1, dalam laga berikutnya. Lalu, tim berjulukan “Filipinas” ini menaklukkan Vietnam dalam laga hidup-mati lewat satu gol babak kedua untuk memastikan kelolosan mereka.

Tak hanya itu, sepak bola putri Filipina secara keseluruhan juga tengah bangkit dalam beberapa tahun terakhir. Pada 2022, Filipina mengangkat gelar internasional pertamanya setelah mengalahkan Thailand 3-0 di final Kejuaraan Putri AFF.

Lompatan besar juga diraih Filipina dengan lolos semi final Piala Asia Putri 2022. Hasil ini membawa mereka ke prestasi dan catatan sejarah baru lainnya, yaitu lolos ke Piala Dunia Putri 2023. Filipina menyamai capaian Thailand yang juga sempat mencicipi persaingan Piala Dunia Putri pada dua edisi, 2015 dan2019.

Di sisi lain, Indonesia lolos ke Piala Asia Putri U-17 dengan status sebagai tuan rumah. Ini memberikan keuntungan bagi Indonesia karena tidak perlu melewati babak kualifikasi. Namun, karena tak ikut kualifikasi, persiapan Indonesia terbilang mepet.

Setelah dua gelombang seleksi pada akhir Maret, tim baru efektif menjalani pemusatan latihan mulai 14 April lalu. Artinya, Indonesia hanya latihan intensif selama kurang lebih tiga pekan.

Meski begitu, Indonesia optimistis bisa memberikan perlawanan dalam pertandingan kontra Filipina. Pemain tengah Indonesia, Zaira Kusuma, mengatakan, keyakinan itu muncul karena mereka telah mempelajari Filipina. Tanpa diminta pelatih pun, tutur Zaira, para pemain sudah menganalisis permainan Filipina dan mewaspadai beberapa pemainnya.

Menurut Zaira, para pemain juga berbekal semangat ekstra untuk pertandingan di Piala Asia Putri U-17. Apalagi, keikutsertaan Indonesia kali ini merupakan pertama kalinya setelah tampil di edisi perdana 2005. Para pemain pun ingin mempersembahkan hasil yang baik dalam laga perdana dalam 19 tahun tersebut.

“Secara fisik, pemain Filipina ini pasti lebih kuat. Tapi, saya yakin kami pasti lebih lincah. Kami ingin menang supaya bisa lolos ke tahap berikutnya,” ujar Zaira.

Sumber: hariansib.com

Baca Juga

deras.co.id

Harga Tiket Timnas Indonesia Naik 100% Di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Lawan Irak Dan Filipina

DERAS.CO.ID – Jakarta Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menjual tiket Timnas Indonesia untuk terusan pertandingan …