Sunday , May 19 2024
Beranda / Featured / Marak Game Online Bermuatan Kekerasan, Kemenkominfo Minta Masyarakat Ambil Peran
deras.co.id

Marak Game Online Bermuatan Kekerasan, Kemenkominfo Minta Masyarakat Ambil Peran

DERAS.CO.ID – Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyampaikan bahwa masyarakat juga harus mengambil peran dalam pengawasan anak terkait bermain gim online. Hal ini mengingat viralnya gim Free Fire alias FF yang bermuatan konten kekerasan.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kemenkominfo Usman Kansong mengatakan bahwa peran serta masyarakat itu sebagaimana tercantum di dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 2 Tahun 2024 tentang Klasifikasi Gim (Permenkominfo 2/2024), tepatnya pada Bab III tentang peran serta masyarakat Pasal 19.

Dalam beleid anyar yang diundangkan pada 24 Januari 2024 itu salah satunya dijelaskan bahwa pengguna gim atau masyarakat dapat menyampaikan pengaduan atas ketidaksesuaian hasil klasfikasi gim kepada menteri. Demikian bunyi Pasal 19 ayat (1).

Usman menyampaikan bahwa Kemenkominfo juga harus memeriksa terlebih dahulu klasifikasi usia terkait pengaduan gim. Sebab, dia menjelaskan bahwa belum tentu gim tersebut melanggar aturan, meski tak menutup kemungkinan gim tersebut juga bisa melanggar aturan.

“Kalau [gim] tidak comply, kita akan mengambil langkah berupa teguran sampai pemutusan akses,” kata Usman dalam acara Ngopi Bareng di Kementerian Kominfo, Jakarta, Jumat (3/5).

Untuk itu, Usman menyampaikan bahwa Kemenkominfo juga berencana memanggil para penerbit gim online untuk menyosialisasikan Permenkominfo 2/2024 terkait klasifikasi usia gim, mengingat beleid tersebut baru terbit Januari 2024.

“Sekarang Pak Menteri akan bertemu dengan para penerbit game. Sekalian kita sampaikan, sosialisasikan, imbau mereka agar memperhatikan rating atau klasifikasi (usia),” tandasnya.

Sumber: hariansib.com

Baca Juga

deras.co.id

Harga Tiket Timnas Indonesia Naik 100% Di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Lawan Irak Dan Filipina

DERAS.CO.ID – Jakarta Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menjual tiket Timnas Indonesia untuk terusan pertandingan …