Saturday , May 4 2024
Beranda / Featured / Taklukkan Yordania, Indonesia Ke Perempat Final AFC
deras.co.id
PENALTI: Gelandang Timnas Indonesia U-23 Marselino Ferdinan mencetak gol lewat penalti ke gawang Yordania pada pertandingan Grup A Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Minggu (21/4). Indonesia menang 4-1 sekaligus memastikan lolos ke babak perempat final.

Taklukkan Yordania, Indonesia Ke Perempat Final AFC

DERAS.CO.ID – Doha – Timnas Indonesia U-23 membantai Yordania dengan skor 4-1 pada laga terakhir Grup A Piala Asia U-23 2024 Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Minggu (21/4) malam WIB. Kemenangan ini mengantarkan Indonesia menembus babak perempat final pada debutnya di Piala Asia U-23.

Tanda-tanda kemenangan Indonesia sudah tampak sejak awal laga. Pasukan Shin Tae-yong bermain begitu percaya diri membangun serangan cepat ke jantung pertahanan Yordania.

Permainan cepat tersebut membuat Yordania tak bisa mengembangkan permainannya. Belum lagi pertahanan Indonesia tampil cukup baik untuk menghalau setiap serangan lawan.

Laga baru berjalan empat menit, penyerang Rafael Struick nyaris membawa Indonesia unggul setelah tembakannya dari jarak dekat berhasil ditepis kiper Yordania Ahmad Juaidi.

Empat menit kemudian, giliran Yordania mendapat peluang emas. Beruntung Indonesia punya kiper Ernando yang bisa menggagalkan tendangan Aref Al Haj.

Selanjutnya, Indonesia kembali membangun serangan. Penyerang naturalisasi milik Indonesia, Rafael Struick benar-benar merepotkan barisan pertahanan Yordania. Dua peluangnya kemudian masih gagal.

Saat laga berjalan 21 menit, Rafael Struick dilanggar Amer Jamous. Wasit memberikan hadiah penalti. Marselino sebagai eksekutor melaksanakan tugasnya dengan baik untuk mencetak gol lewat titik putih. Indonesia memimpin 1-0.

Unggul satu gol, Indonesia semakin gencar menyerang. Sementara Yordania tampak kesulitan menembus pertahanan Indonesia yang dipimpin Rizky Ridho.

Lima menit sebelum watu normal babak pertama usai, Indonesia memperbesar keunggulan menjadi 2-0. Ridho yang naik membantu serangan memberi umpan kepada Witan yang diakhiri tembakan melengkungnya ke pojok kanan gawang Yordania.

Setelah itu, Timnas Indonesia tampil disiplin dalam bertahan. Ini membuat Yordania terus dalam kesulitan. Skor 2-0 untuk keunggulan Indonesia atas Yordania bertahan hingga babak pertama berakhir.

Yordania meningkatkan serangan di babak kedua untuk mencari gol. Rapatnya barisan pertahanan Indonesia membuat Yordania kesulitan. Pada menit ke-58, Yordania mengancam gawang Indonesia lewat tendangan jarak jauh. Namun, sepakan Bashar Aldiabat masih melambung di atas mistar gawang Ernando.

Yordania yang frustrasi justru kebobolan lewat skema serangan Indonesia yang terorganisir dengan baik menit ke-70. Diawali pergerakan Arhan di sisi kiri, bola diterima dengan baik oleh Marselino. Permainan satu dua Marselino dengan Witan di kotak penalti, berakhir dengan gol yang dicetak Marselino. Skor menjadi 3-0.

Yordania belum sepenuhnya menyerah. Gol Yordania baru bisa tercipta pada menit ke-79. Sepakan pemain Yordania membentur kaki Justin Hubner yang membuat bola berubah arah sebelum masuk ke gawang Indonesia.

Skor 3-1 membuat Yordania terus menyerang. Peluang demi peluang tercipta, namun gagal di tangan Ernando Ari yang bisa menepis bola. Indonesia justru semakin menjauhkan skor menjadi 4-1 berkat gol pemain pengganti Komang Teguh menit ke-86. Bola lemparan ke dalam Arhan berhasil disundul Komang untuk mencetak gol. Di sisa waktu, tak ada lagi gol tercipta. Indonesia menang dengan skor 4-1.

Kemenangan ini memastikan Indonesia ke perempat final dengan status runner up usai mengumpulkan 6 poin. Qatar di puncak dengan 7 poin. Sedangkan Australia 2 poin dan Yordania yang memiliki nilai 1 poin harus tersingkir.

Susunan Pemain:

Indonesia (3-4-3): Ernando Ari; Muhammad Ferarri, Rizky Ridho, Justin Hubner; Muhammad Fajar, Nathan Tjoe-A-On, Ivar Jenner, Pratama Arhan; Marselino Ferdinan, Rafael Struick, Witan Sulaeman

Yordania (4-4-2): Ahmad Juaidi; Daniel Ahmed Afaneh, Arafat Haj Ibhraim, Amer Rasem, Faisal Adel; Aref Haitham, Mohannad Abu Taha, Sief Addeen Darwish, Aon Abbaas Almaharmeh; Bashar Aldiabat, Baker Kamal Kalbouneh.

Sumber: hariansib.com

Baca Juga

deras.co.id

2.068 Hektare Lahan Di IKN Statusnya Belum Jelas

DERAS.CO.ID – Jakarta – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, buka suara …